Definisi dan Klasifikasi DSS

Definisi DSS terus-menerus mengalami pergeseran baik itu tentang persepsi mengenai hal apa saja yang dapat dilakukan oleh suatu DSS atau juga ide mengenai bagaimana DSS dapat mencapai objektif yang diinginkan. Secara umum, Finlay mendefinisikan DSS sebagai sistem yang berbasis komputer untuk mendukung pengambilan keputusan. Sedangkan secara spesifik, Turban dan Aronson menyimpulkan bahwa :

"A DSS is an approach (or methodology) for supporting decision-making. It uses an interacive, adaptable CBIS (Computer Based Information System) especially developed for supporting the solution to a specific nonstructured management problem. It uses data, provides an easy user interface, and can incoporate the decision maker's own insight."

Seperti juga dalam hal pendefinisiannya, tidak ada klasifikasi DSS yag berlaku universal. Menurut Turban, seperti yang dikutip dari Holsapple dan Whinston, DSS dapat diklasifisikan berdasarkan strukturnya (framework) sebagai berikut :

  1. Text-oriented DSS : menggunakan pengelolaan, perolehan dan manipulasi informasi tidak terstruktur dalam format dokumen elektronik untuk pendukung keputusan.
  2. Database-oriented DSS : menggunakan pengorganisaian strukur basis data yang umumnya dengan menggunakan konfigurasi relasional dengan kapabilitas query dan report generaion untuk pendukung keputusan.
  3. Spreadsheet-oriented DSS : merupakan sistem pemodelan yang menggunakan perhitungan kompleks, statistik, simulasi atau model optimasi untuk membantu keputusan menganalisi situasi.
  4. Solver-oriented DSS : menggunakan struktur algoritma atau prosedur dengan suatu program komputer yang dieksekusi untuk pendukung keputusan.
  5. Rule-oriented DSS : menyediakan keahlian penyelesean persoalan (sistem pakar) yang disimpan dalam bentk fakta, aturan, prosedur atau struktur tertentu.
  6. Compound-oriendted DS : DSS hibrida yang mengkombinasikan dua atau lebig dari lima klasifikasi DSS di atas.

No comments:

Post a Comment