Teknik Aliran Data


Dalam sebuah rangkaian jaringan komputer yang kompleks dan besar, komunikasi biasanya dilakukan dengan cara melakukan transmisi data melalui simpul-simpul jaringan yang diwakili oleh media interjaringan (router, switch).Simpul-simpul tersebut berfungsi untuk memindahkan data dari simpul yang satu ke simpul yang lain hingga paket data sampai tujuan.

Salah satu layanan dari simpul-simpul tersebut adalah mencari rute untuk jalur transmisi paket data dari komputer pengirim ke komputer penerima. Dalam sebagian subjaringan, paket-paket data akan memerlukan banyak lompatan dalam melakukan perjalanan. Untuk menentukan rute mana yang akan menjadi jalur transmisi paket diperlukan algoritma pencari jalan (routing algoritma). Dua teknik algoritma dalam menentukan rute aliran data adalah :

1.   Teknik Datagram
Datagram  merupakan paket yang dikirimkan melalui jaringan dan sifatnya bebas dari paket lain yang berkaitan dengan transaksi yang sama. Paket-paket data dapat sampai ketujuan melalui rute yang berbeda sehingga ada paket data yang tidak berurutan sampai ketujuan.

2.   Teknik Rangkaian Virtual
Rangkaian virtual adalah hubungan logik antara pengirim dan penerima. Sebelum melakukan proses transmisi data, terlebih dahulu dilakukan pemanggilan virtual dari pengirim ke penerima. Setelah rute virtual terbentuk paket data mulai dikirimkan hingga paket data yang terakhir.

No comments:

Post a Comment