Input/Output

Di samping CPU dan sejumlah modul memori, elemen penting ketiga sistem komputer adalah sejumlah mdul I/O. Modul tersebut merupakan interface bagi bus sistem atau switch sentral dan mengontrol satu atau lebih perangkat peripheral. Modul I/O memiliki dua buah fungsi utama yaitu:
  •  Sebagai interface ke CPU dan memori via bus sistem atau swith sentral. 
  •  Sebagai interface ke sebuah perangkat peripheral atau lebih dengan meggunakan data tertentu.
Perangkat eksternal dihubungkan dengan komputer oleh suatu link dengan modul I/O. Link di gunakan untuk pertukaran kontrol, status, dan data antara modul I/O dengan perangkat eksternal.
Perangkat eksternal dapat di klasifikasikan menjadi tiga kategori yaitu:
  • Human-Readable: Cocok untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer. 
  •  Machine-Readable: Cocok untuk berkomunikasi dengan peralatan.
  • Communication: Cocok untuk berkomunikasi dengan perangkat jarak jauh.
Contoh perangkat human-readable adalah video display terminal (VDT) dan printer. Contoh perangkat machine-readable adalah sistem disk dan pita magnetik, sensor, dan aktuator, seperti yang di pakai pada aplikasi robotik. Interface ke modul I/O adalah dalam bentuk signal-signal kontrol, status, dan data. Data berbentuk skumpulan bit untuk di kirimkan ke modul I/O atau di terima dari modul I/O. Control signal menentukan fungsi-fungsi yang akan di lakukan perangkat, seperti mengirimkan data ke modul I/O (INPUT atau READ), menerima data dari modul I/O (OUTPUT atau WRITE), report status, atau membentuk fungsi kontrol tertentu ke perangkat. Signal status menandai status perangkat.
Control logic berkaitan dengan perangkat yang mengontrol operasi perangkat dalam memberikan respons yang berasal dari modul I/O. Transducer mengubah data dari energi listrik menjadi energi lain selama berlangsungnya output dan dari bentuk energi tertentu menjadi energi listrik selama berlangsungnya input.

Keyboard/Monitor
Unit dasar pertukaran datanya adalah karakter. Setiap karakter berkaitan dengan suatu kode, yang umumnya mempunyai panjang 7 atau 8 bit. Kode yang paling umum digunakan adalah kode 7-bit yang di kenal sebagai ASCII (American Standard Code for Information Intercange) di Amerika Serikat dan CCITT Alphabet Number 5 secara international. Setiap karakter dalam kode ini diwakili oleh kode biner 7 bit yang unik; sehinga, akan terdapat 128 karakter yang berbeda.
Bagi input keyboard, ketika sebuah tombol di tekan, maka hal ini akan menghasilkan signal listrik yang di interpretasikan oleh transducer pada keyboard dan di terjemahkan ke dalam pola bit kode ASCII tertentu. Pola bit ini kemudian ditransmisikan ke modul I/O pada komputer. Kemudian teks akan disimpan dalam kode ASCII yang sama. Pada output, karakter-karakter kode ASCII akan ditransmisikan dari modul I/O keperangkat eksternal. Transducer pada perangkat akan menginterpretasikan kode ini dan mengirimkan signal elektronik yang diperlukan ke perangkat output untuk menampilkan karakter tersebut.

Disk Drive
Sebuah disk drive terdiri dari perangkat elektronik untuk pertukaran signal-signal data, kontrol, dan status dengan modul I/O dan perangkat elektronik untuk mengontrol mekanisme pembacaan/penilisan disk. Pada fixed-head disk, transducer mampu melakukan konversi dari pola-pola magnetik pada permukaan disk yang bergerak menjadi bit-bit pada buffer perangkat. Disk yang hed-nya bergerak juga harus dapat memindahkan lengan disk secara radial menjauhi dan mendekati permukaan disk.

No comments:

Post a Comment